PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBASIS MEDIA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI JARINGAN BERBASIS LUAS (WAN) DI KELAS XII TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA SEKOLAH SMK YAYASAN PERGURUAN INDONESIA MEMBANGUN.MEDAN

Purba, Retno Marinra (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI BERBASIS MEDIA DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI JARINGAN BERBASIS LUAS (WAN) DI KELAS XII TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA SEKOLAH SMK YAYASAN PERGURUAN INDONESIA MEMBANGUN.MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8146121032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8146121032 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8146121032 LEMBARAN PENGESAHAN+PERSETUJUAN+PLAGIAT.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8146121032 LEMBARAN PENGESAHAN+PERSETUJUAN+PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8146121032 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8146121032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8146121032 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8146121032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146121032 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146121032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8146121032 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8146121032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8146121032 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8146121032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8146121032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8146121032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8146121032 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8146121032 BAB I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8146121032 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8146121032 BAB V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8146121032 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8146121032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil Belajar Siswa yang Diajar Strategi Strategi Pembelajaran Ekspositori Berbasis Media Video Lebih Tinggi Dibandingkan dengan Siswa yang Diajar dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori Berbasis Power Point, (2) Hasil Belajar Siswa yang Memiliki Gaya Belajar Kinestetik Lebih Tinggi Daripada Hasil Belajar Siswa yang Memiliki Gaya Belajar Visual, (3) Interaksi Antara strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Instalasi Jaringan Berbasis Luas (WAN).
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII di Yayasan Perguruan Indonesia Membangun yang terdiri 2 kelas di SMK 1 Yapim Air Bersih,Medan dan SMK 1 Yapim Batang Kuis,Medan terdiri dari 2 kelas ,dengan jumlah populasi siswa 140 siswa. Pengukuran untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan dalam bentuk tes pilihan berganda degan 5 pilihan jawaban yang terdiri dari 50 butir soal dengan koefisien relibilitas 0,866. Untuk menjaring data gaya belajar siswa dilakukan melalui angket VAK Learning Styles Questionnare yang telah baku. Teknik analisis data adalah Annava Dua Jalur pada taraf signifikan α =0,05 yang dilanjutkan dengan Uji Schaffe
Hasil penelitian diperoleh : (1) Hasil belajar pada mata pelajaran intalasi jaringan berbasis luas (wan) yang menggunakan strategi ekpositori berbasis media video lebih tinggi daripada Hasil belajar pada mata pelajaran intalasi jaringan berbasis luas (wan) yang menggunakan strategi ekpositori berbasis media power point, (2) Hasil belajar pada mata pelajaran intalasi jaringan berbasis luas (wan) yang memiliki gaya belajar kinestesis lebih tinggi daripada gaya belajar visual dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran berbasis media dengan gaya belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran intalasi jaringan berbasis luas (wan). Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis video lebih tepat digunakan dalam proses pembelajaran siswa yang memiliki gaya belajar kinestesis dan media pembelajaran berbasis power point dengan gaya belajar visual. Implikasi dari penelitian ini secara khususnya dapat ditunjukkan dan berguna bagi guru-guru yang mengajar pada jurusan teknik komputer khususnya pada proses pembelajaran yang menggunakan praktek di ruang laboratorium agar dapat menambah atau meningkatkan prestasi hasil belajar siswa serta gaya belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.334 Pur p
Keywords: WAN; Pembelajaran Ekpositori; Media Pembelajaran; Komputer;Belajar Visual; Auditori
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK9900 Electricity for amateurs. Amateur constructors' manuals
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:43
Last Modified: 25 Jul 2018 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30761

Actions (login required)

View Item
View Item