PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HYPERTEXT DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Harahap, Masbulan (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HYPERTEXT DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1500081188410006 abstrak.pdf]
Preview
Text
1500081188410006 abstrak.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410006 kata pengantar.pdf]
Preview
Text
1500081188410006 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410006 bab I.pdf]
Preview
Text
1500081188410006 bab I.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of 1500081188410006 bab V.pdf]
Preview
Text
1500081188410006 bab V.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui apakah motivasi belajar kimia siswa yang belajar dengan penggunaan media hypertext dalam pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibanding dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media hypertext dalam pembelajaran iniuiri, (2) Mengetahui apakah hash belajar kimia siswa yang belajar menggunkan media hypertext dalam pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibanding dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media hypertext dalam pembelaaj ran inkuiri, dan (3) Mengetahui interaksi antara motivasi dan media Hypertext dalam mempengaruhi hash belajar siswa pada kedua kelompok perlalcuan di atas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Sibabangun. Sampel diambil dari seluruh kelas XII IPA sebanyak 60 dari 70 orang dan kelas XII IPA yaitu 30 orang sebagai kelas kontrol dan 30 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dan General Linier Model Univariat (GLM). Dengan terlebih dahulu menganalisis uji persyaratan, berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Reliabilitas tes hasil belajar Alpha Cronbach (pada Reliability Statistic) — 0,832 temyata lebih besar dari rtabd = 0,344, maka tes yang diuji coba reliabel.Basil pengujian hipotesa menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar kimia siswa dalam pembelajaran inkuiri menggunakan media hypertext lebih baitinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa dalamnilai probabilitas p (Sig (2-tailed)) = 0,000 (harga p < 0,05). (2) Motivasi belajar pembelajaran inkuiri tanpa menggunakan media hypertext yang ditunjukkankimia siswa dalam pembelajaran inkuiri menggunakan media hypertext lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan motivasi belajar kimia siswa dalam pembelajaran inkuiri tanpa menggunakan media hypertext, yang ditunjukkan nilai probabilitas p (Sig (2-tailed)) = 0,02 (harga p < 0,05). (3) Interaksi antara media dengan motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar kimia siswa sangat signifikan, ini ditunjukkan dari nilai probabilitas p (Sig.(2-tailed)) = 0,047 < 0,05.Implikasi dari hasil penelitian ini adalab bahwa penerapan program media hypertext dalam pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar dan tingkat motivasi belajar siswa. Dengan demikian maka hash penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berharga bagi pars guru kimia agar menggunakan program media hypertext sebagai tambahan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541.340 71 Har p
Keywords: Belajar;Pembelajaran;Media;Media Programs (Education);Inkuiri;Solution (Chemistry);Koligatif;Larutan;
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 10 May 2016 18:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3036

Actions (login required)

View Item
View Item