PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SD N 053984 HINAI KANAN. KEC. HINAI. KAB. LANGKAT

HARUN, ANI (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SD N 053984 HINAI KANAN. KEC. HINAI. KAB. LANGKAT. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 8126182004 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 8126182004 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM. 8126182004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM. 8126182004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 8126182004 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 8126182004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 8126182004 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 8126182004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 8126182004 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 8126182004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 8126182004 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 8126182004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 8126182004 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 8126182004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 8126182004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 8126182004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 8126182004 BAB I.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 8126182004 BAB I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 8126182004 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 8126182004 BAB V.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 8126182004 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 8126182004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1 Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi pembelajaran melalui Pendekatan Matematika Realistik dengan siswa yang diberi Pendekatan Inkuiri, 2 Perbedaan peningkatan disposisi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran melalui Pendekatan Matematika Realistik dengan siswa yang diberi Pendekatan
Inkuiri, 3 Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi siswa menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR), 4 Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi siswa menggunakan Pendekatan Inkuiri, 5 Proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada masing-masing pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa kelas VI yang berasal dari dua kelas pada salah satu SD N 053984 Hinai Kanan Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. Kelas pertama diberikan pembelajaran
dengan Pendekatan Matematika Realistik dan kelas ke dua diberikan pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah dan angket
disposisi siswa. Tes hasil belajar dalam bentuk essay yang telah di uji validitas,releabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis menggunakan uji t
atau uji independent sampel t test dengan bantuan program SPSS 18.0. Hasil penelitian menunjukkan: 1 Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diberikan pembelajaran Pendekatan Matematika
Realistik dengan Pendekatan Inkuiri. 2 Terdapat perbedaan peningkatan disposisi siswa yang diberikan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik dengan Pendekatan Inkuiri. 3 Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan
masalah dan disposisi siswa setelah diberikan pembelajaran dengan PMR. Dengan gain ternormalisasi kategori sedang. 4 Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi siswa yang diberikan pembelajaran melalui pendekatan inkuiri. Dengan gain ternormalisasi kategori rendah. 5 Proses jawaban siswa yang diberikan pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik lebih baik dari pada proses jawaban siswa yang diberikan
pembelajaran dengan Pendekatan Inkuiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: PEMECAHAN MASALAH, DISPOSISI MATEMATIKA, PENDEKATAN MATEMATIK REALISTIK, PENDEKATAN INKUIRI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:07
Last Modified: 18 Feb 2019 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/30120

Actions (login required)

View Item
View Item