HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Dwiyatri, Isnanda (2018) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1141111041_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1141111041_COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1141111041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1141111041_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1141111041_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1141111041_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1141111041_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1141111041_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1141111041_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1141111041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1141111041_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1141111041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1141111041_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1141111041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1141111041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1141111041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1141111041_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1141111041_BAB I.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1141111041_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1141111041_BAB V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1141111041_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1141111041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview

Abstract

ISNANDA DWIYATRI, NIM. 1141111041, “Hubungan Antara Lingkungan Sekolah dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas IV SDN 101767 Tembung Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, 2018. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendah kedisiplinan siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kecenderungan lingkungan sekolah dan disiplin belajar siswa serta mengetahui adakah hubungan antara lingkungan sekolah dengan disiplin belajar siswa kelas IV SDN 101767 Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 101767 Tembung dengan populasi penelitian sebanyak 60 orang siswa dan sampel sebanyak 30 orang siswa kelas IV.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk variabel lingkungan sekolah (X) dan variabel disiplin belajar siswa (Y). Pengujian analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji keberartian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh gambaran lingkungan sekolah pada kriteria cukup (mean = 57,43) dan disiplin belajar siswa juga berada pada kriteria cukup (mean = 44,5). Hasil analisis korelasi antara lingkungan sekolah dengan disiplin belajar siswa diperoleh nilai korelasi 0,936, dengan membandingkan nilai korelasi dengan α = 0,05 (0,361) maka korelasi sangat signifikan. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai 14,06 dan dengan membandingkan kepada nilai α = 0,05 (2,04841) maka hipotesis diterima. Ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan disiplin belajar siwa, maka dapat disimpulkan bahwa semakin bagus lingkungan sekolah, maka semakin tinggi tingkat disiplin belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 PGSD 011
Keywords: Lingkungan Sekolah; Disiplin Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 10 Apr 2018 14:29
Last Modified: 18 Feb 2019 05:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29623

Actions (login required)

View Item
View Item