MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW (PQ4R) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 096780 GUNUNG MALIGAS T.A 2016/2017

Siallagan, Esdin (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW (PQ4R) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 096780 GUNUNG MALIGAS T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1133111022 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1133111022 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 11333111022 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 11333111022 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1133111022  ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1133111022 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1133111022  PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1133111022 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1133111022  TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1133111022 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1133111022  TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1133111022 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133111022 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133111022 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133111022 LIST OF GRAPHICS.pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133111022 LIST OF GRAPHICS.pdf.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 11333111022 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 11333111022 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 11333111022 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 11333111022 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 11333111022 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 11333111022 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelass IV. Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan Strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review (PQ4R) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 096780 Gunung Maligas T.A 2016/2017.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Subjek penelitian adalah siswa/i Kelas IV SDN 096780 Gunung Maligas sebanyak 29 orang dengan jumlah 16 Orang laki – laki dan 13 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan Strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review (PQ4R) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review (PQ4R) adalah suatu Strategi pembelajaran yang membantu siswa mengingat dan memahami materi yang telah mereka baca. Motivasi merupakan dorongan atau keinginan dari internal dan eksternal seseorang untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
Pada awal penelitian dilakukan penyebaran Angket pada kondisi awal dengan jumlah siswa 29 orang Diperoleh 1 orang Memiliki Motivasi Belajar Tinggi (3,44%), 11 Orang Motivasi Belajar sedang (37,93%), 17 Orang Motivasi Belajar Rendah (58,62%). Pada Siklus I Pertemuan 1 diperoleh 1 Orang Motivasi Tinggi (3,44%), 10 Orang Motivasi Belajar Sedang (34,48%), 18 Orang Motivasi Belajar Rendah (62,06%). Dan Pada Siklus I Pertemuan 2 Persentase Motivasi Belajar siswa semakin meningkat dan sesuai dengan Persentase yang ingin dicapai pada tingkat Motivasi Belajar siswa, Yaitu : 15 Orang Motivasi Belajar Tinggi (51,72%), 5 Orang Motivasi Belajar sedang (17,24%), 9 orang Motivasi Belajar Rendah (31,03%). Selanjutnya Pada Siklus II Pertemuan 1 diperoleh 16 Orang Motivasi Belajar Tinggi (55,17%), 12 Orang Motivasi Belajar Sedang (41,37%), 1 Orang Motivasi Belajar Rendah (3,44%). Dan Pada Siklus II Pertemuan 2 Persentase Belajar Siswa Diperoleh 23 Orang Motivasi Belajar Tinggi (79,31%), 5 Orang Motivasi Belajar Sedang (17,24%), 1 Orang Motivasi Belajar Rendah (3,44%).
Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Strategi pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite And Review (PQ4R) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Materi Pokok Teks Bacaan Di Kelas IV SDN 096780 Gunung Maligas T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 242
Keywords: Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran PQ4R
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Dec 2017 11:26
Last Modified: 12 Dec 2017 02:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27672

Actions (login required)

View Item
View Item