Harahap, Sangkot Abdullah Efendi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU UKUR TANAH SISWA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
1.-NIM.-5113311023.- COVER.pdf - Published Version Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
2.-NIM.-5113311023.- APPROVAL-SHEET.pdf - Published Version Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
3.-NIM.-5113311023.- ABSTRACT.pdf - Published Version Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
4.-NIM.-5113311023.- PREFACE.pdf - Published Version Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
5.-NIM.-5113311023.- TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
6.-NIM.-5113311023.- TABLE.pdf - Published Version Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
7.-NIM.-5113311023.- ILLUSTRATION.pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
8.-NIM.-5113311023.- APPENDICES.pdf - Published Version Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
9.-NIM.-5113311023.- CHAPTER I.pdf - Published Version Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
13.-NIM.-5113311023.- CHAPTER V.pdf - Published Version Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
14.-NIM.-5113311023.- BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar Ilmu Ukur Tanah. Populasi penelitian adalah siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 64 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas TGBB sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan sebagai pembanding adalah kelas TGBA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian ada dua yaitu model pembelajaran Group Investigation dan model pembelajaran Direct Instruction sebagai variable bebas dan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah sebagai variable terikat. Sebelum penelitian ini dilaksanakan instrument penelitian terlebih dahulu diuji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas digunakan rumus K-R20.Instrumen tes hasil belajar Ilmu Ukur Tanah yang valid diperoleh 30 butir dari 35 butir tes yang diuji cobakan dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,931. Dari perhitungan uji-t diperoleh bahwa thitung= 2,556 > ttabel= 1,671, berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar, dengan kata lain model pembelajaran Group Investigation memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar Ilmu Bahan Ukur Tanah pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Actions (login required)
View Item |