HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN HARAPAN BERKARIER DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI SEKECAMATAN BADAR KABUPATEN ACEH TENGGARA

Julkifli (2006) HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN HARAPAN BERKARIER DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI SEKECAMATAN BADAR KABUPATEN ACEH TENGGARA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045030423 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045030423 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045030423 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 045030423 Abstrak.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of 3. 045030423 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 045030423 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045030423 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 045030423 Bab I.pdf - Published Version

Download (737kB) | Preview
[thumbnail of 5. 045030423 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 045030423 Bab V.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[thumbnail of 6. 045030423 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 045030423 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview

Abstract

Tingkat keberhasilan guru dalam menjalankan tugas dengan diraihnya kinerja yang baik, ternyata dipengaruhi banyak faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstern. Di antara faktor intern yang mempengaruhi kinerja guru adalah pemenuhan harapan berkarir, sedangkan faktor yang datang dari luar adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah. Begitu pentingnya hal ini, maka kedua variabei ini perlu dijadikan objek penelitian. Untuk melakukan pengujian secara empiris, dua variabel tersebut akan diteliti tingkat hubungannya terhadap kinerja guru SMP se-Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara. Rumusan masalah yang diajukan meliputi: (1) Apakah terdapat hubungan yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatari Badar Kabupaten Aceh Tenggara? (2) Apakah terdapat hubungan yang signifikan harapan berkarier dengan kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Badar Kabuparen Aceh Tenggara? dan (3) Apakah terdapat hubungan yang signifikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan harapan berkarier secara bersama-sama dengan kinerja guru di SMP Negeri se-Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan harapan berkarir dengan kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara. Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri se-Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara dengan jumlah 116 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik Stratified Random Sampling, dan berdasarkan perhitungan dan teknik tersebut diperoleh jumlah sampel 51 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah Angket (kuesioner), skala Likert dan diolah dengan teknik analisis Alpha Cronbach. Hasil uji coba dan perhitungan masing-masing variabel sebagai berikut: (1) Variabel gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1)r = 0,907 dan (2) Variabel harapan berkarier (X2)r = 0,944 dan (3) Variabel kinerja guru (Y)r = 0,944. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis korelasi dan regresi dan seluruh pengujian menggunakan taraf kepercayaan 95% pada  = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara dengan koefisien korelasi mencapai ryx1 = 0,760 besar koefisien korelasi ini menunjukkan keduanya tergolong memiliki hubungan yang cukup, dan terdapat hubungan cukup yang signifikan antara harapan berkarir dengan kinerja guru SMP Negeri se-Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara dengan koefisien korelasirrya sebesar 0,613. Sementara itu besar hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan harapan berkarier secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 303.34 Jul h
Keywords: Gaya kepemimpinan; Kepala sekolah; Pendidikan; Harapan berkarir; Keterampilan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 28 Apr 2016 00:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2329

Actions (login required)

View Item
View Item