MENINGKATKAN KETERAMPILAN LAS BUSUR LISTRIK DASAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA YP DHARMA KARYA T.A. 2016/2017

Arsisco, M. Boby (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN LAS BUSUR LISTRIK DASAR MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK SWASTA YP DHARMA KARYA T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI .pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN .pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Rumusan penelitian ini adalah “Apakah melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan keterampilan las busur listrik dasar pada siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta YP. Dharma Karya Tahun Ajaran 2016/2017?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan las busur listrik dasar siswa melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada siswa kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta YP. Dharma Karya Tahun Ajaran 2016/2017. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data melalui metode observasi dengan lembar observasi keterampilan las busur listrik dasar siswa pada siklus I dan siklus II. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing siklus dilakukan dua kali pertemuan. Analisis data menggunakan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil analisis data observasi keterampilan las listrik dasar pada siklus I, diketahui bahwa dari 34 orang siswa hanya diperoleh 14 orang siswa yang tuntas dalam keterampilan las busur listrik dasar melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), dalam persentase keberhasilan masih memperoleh rata-rata 41,18%. Pada siklus II terjadi peningkatan pada keterampilan las busur listrik dasar siswa yaitu 82,35% karena diperoleh 28 orang siswa yang mengalami peningkatan. Walaupun masih ada 6 orang yang dikategorikan belum tuntas, namun tingkat keberhasilan pendekatan sudah mencapai target yakni di atas 75%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan las busur listrik dasar siswa dapat ditingkatkan melalui pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), pada kelas XI jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Swasta YP. Dharma Karya Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MSN 082
Keywords: Keterampilan Las Busur; Listrik Dasar; Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK452 Electric apparatus and materials. Electric circuits. Electric networks
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 28 Nov 2016 03:20
Last Modified: 28 Nov 2016 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21697

Actions (login required)

View Item
View Item