UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA LIDI PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 173414 POLLUNG KEC. POLLUNG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016

Saragih, Herti (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA LIDI PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 173414 POLLUNG KEC. POLLUNG KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (689kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sd Negeri 173414 Pollung Kabupaten
Humbang Hasundutan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan strategi pembelajaran dengan penggunaan media dalam
pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui : penggunaan media lidi dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 173414 Pollung
tahun pembelajaran 2015/2016. Adapun masalah yang di jumpai di sekolah yaitu
rendahnya hasil belajar siswa.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 173414 Pollung
tahun pembelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 20 orang.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian saat pre tes, nilai rata-rata siswa
47,00 dari 20 orang siwa, di mana 5 siswa (25%) yang memperoleh ketuntasan
dan 15 orang siswa( 75 %) yang belum tuntas. Pada siklus I nilai rata-rata siswa
meningkat menjadi 53,5 dimana 9 siswa (45 %) yang memperoleh ketuntasan
dan 11 siswa(55%) yang belum tuntas,nilai Observasi pengajaran 72,92% kategori
penilaian cukup dan nilai observasi siswa 75% kategori penilaian cukup secara
klasikal. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat 71,50 dimana 17 orang
siswa (85%) memperoleh ketuntasa, 3 siswa (15%) yang belum tuntas, nilai
observasi pengajaran 91,67% kategori penilaian baik sekali dan nilai observasi
aktivitas siswa 89,58% kategori penilaian baik secara klasial. Dari peningkatan
ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat di simpulkan bahwa
penerapan media lidi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Implikasinya adalah penggunaan media lidi dapat meningkatkan hasil
belajar matematika siswa. oleh karena itu guru matematika di sarankan untuk
menggunakan media lidi supaya memperoleh asil belajar yag lebih tinggi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 248
Keywords: Mmedia; Belajar Mengajar; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:30
Last Modified: 17 Nov 2016 08:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21550

Actions (login required)

View Item
View Item