PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MOTIVASI BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2013/2014

Sinaga, Ronytua (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DAN MOTIVASI BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of Surat Pernyataan, Persetujuan dan Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Surat Pernyataan, Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (717kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Quantum Teaching dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Rangkaian Listrik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan memberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelompok penelitian. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan yaitu analisis varians faktorial 2 x 2.Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 5 Medan pada semester satu tahun ajaran 2013/2014. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas 1 Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL). Secara acak kelas dibagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas menjadi kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan kelas menjadi kelas kontrol yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar menguasai rangkaian listrik yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching dan memiliki motivasi belajar tinggi adalah berdistribusi normal dimana Ltabel = 0,190> Lhitung = 0,140 dan data hasil belajar menguasai rangkaian listrik yang diajar dengan strategi pembelajaran Quantum teaching dan memiliki motivasi belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,08 > Lhitung = 0,220 dan data hasil belajar menguasai rangkaian listrik yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori dan memiliki motivasi belajar tinggi adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,159> Lhitung = 0,220 dan data hasil belajar menguasai rangkaian listrik yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori dan memiliki motivasi belajar rendah adalah distribusi normal dimana Ltabel = 0,190> Lhitung = 0,158 dan kedua varians data adalah Homogen ( 2 hitung = 1,38 < 2tabel = 7,82). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) Strategi pembelajaran Quantum teaching dan strategi pembelajaran ekspositori memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 9,69> Ftabel = 3,94) (b) Tinggi rendahnya motivasi belajar memberi pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar siswa, dimana (Fhitung = 46,04 > Ftabel = 3,94), (c) ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar, dimana (Fhitung = 4,72> Ftabel = 3,94).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 621.207 19 Sin p
Keywords: Hasil Belajar;Strategi Pembelajar;Quantum Theaching;Ekspositori; Motivasi Beajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4001 Applications of electric power
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 18 Jul 2019 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18970

Actions (login required)

View Item
View Item