PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Purba, Devi Sainar (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2113111020 COVER.pdf]
Preview
Text
2113111020 COVER.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of 2113111020 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2113111020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2113111020 PREFACE.pdf]
Preview
Text
2113111020 PREFACE.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 2113111020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
2113111020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 2113111020 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
2113111020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 2113111020 TABLES.pdf]
Preview
Text
2113111020 TABLES.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 2113111020 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
2113111020 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 2113111020 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
2113111020 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 2113111020 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
2113111020 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 2113111020 BOBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
2113111020 BOBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis teks drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raya tahun pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group post-test only design. Penelitian ini mengujicobakan model pembelajaran kemudian mengetahui perbedaan penggunaannya atau meninjau pengaruhnya dari hasil belajar siswa.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raya yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 281 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 32 orang siswa. Teknik pengambilan sampel adalah secara random sampling. Untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes esei menulis teks drama.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, kemampuan menulis teks drama sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raya tahun pembelajaran 2014/2015 adalah cukup dengan nilai rata-rata 64,37. Kemampuan menulis teks drama setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Raya tahun pembelajaran 2014/2015 adalah baik dengan nilai rata-rata 80,15. Selanjutnya, hasil uji “t� diperoleh nilai = 7,73. Dan setelah dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 0,05 = 2,00 dengan dk = (N+N) – 2= 61, karena > yaitu 7,73 > 2,00 maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ( ) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan menulis teks drama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 IND 055
Keywords: discovery learning; Menulis Teks ; Teks Drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 07:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item
View Item