UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING SISWA KELAS XII IPS 2 SMA SWASTA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Delvi, Delvi (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING SISWA KELAS XII IPS 2 SMA SWASTA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 709341023 COVER.pdf]
Preview
Text
709341023 COVER.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 709341023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
709341023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 709341023 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
709341023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 709341023 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
709341023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 709341023 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
709341023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 709341023 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
709341023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 709341023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
709341023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 709341023 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
709341023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 709341023 BAB I.pdf]
Preview
Text
709341023 BAB I.pdf - Published Version

Download (768kB) | Preview
[thumbnail of 709341023 BAB V.pdf]
Preview
Text
709341023 BAB V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 709341023 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
709341023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Possing Tipe Post Solution Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XIIIPS 2 SMA Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XII IPS 2 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu,perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 8 orang (23,52) siswa aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 27 orang (79,41%) siswa yang aktif dan sangat aktif.Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I dan II sebesar 55,89%. Hasil belajar pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 6 orang (17,65%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 55,59. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 11 orang siswa (32,35%) dengan nilai rata-rata 63,97,dan pada siklus II sebanyak 29 orang siswa (82,29%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 82,35. Terjadi peningkatan sebesar 18,38%. Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau ujit dengan dk=34-1=33 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan menunjukkan thitung =9,14 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (9,14 >2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Possing Tipe Post Solution Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 pada standar kompetensi Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMA Swasta Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 Del u
Keywords: Test Hasil Belajar; Aktivits Belajar; Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran Problem Possing Tipe Post Solution Posing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 29 Sep 2016 04:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13460

Actions (login required)

View Item
View Item