PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI STENOGRAFI KELAS XII SMK (BM) PERGURUAN TAMAN SISWA LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Tambunan, Anggita T. (2012) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI STENOGRAFI KELAS XII SMK (BM) PERGURUAN TAMAN SISWA LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114061 Judul.pdf]
Preview
Text
708114061 Judul.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 708114061 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
708114061 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 708114061 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
708114061 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 708114061 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
708114061 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 708114061 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
708114061 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 708114061 Abstrak.pdf]
Preview
Text
708114061 Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 708114061 Bab I.pdf]
Preview
Text
708114061 Bab I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 708114061 Bab V.pdf]
Preview
Text
708114061 Bab V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 708114061 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
708114061 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam bidang studi stenografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari metode pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar cetak terhadap hasil belajar stenografi siswa pada SMK (BM) Perguruan Taman Siswa Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan pada SMK (BM) Perguruan Taman Siswa di Jl. Kartini No. 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah total 52 siswa, kelas XII AP1 sebagai kelas kontrol dan kelas X AP2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item soal. Dari hasil analisis data yang diperoleh, nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen = 68,07 dengan Standar Deviasi = 12,58 dan nilai rata-rata post tes siswa setelah menggunakan bahan ajar cetak = 82,12 dengan Standar Deviasi = 15,05. Sedangkan nilai rata-rata pretes siswa kelas kontrol = 62,7 dengan Standar Deviasi = 10,98 dan nilai post tes siswa = 74,4 dengan Standar Deviasi 11,77. Dari analisis data diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (2,04 > 2,01), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = N – 2 = 24. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan bahan ajar cetak terhadap hasil belajar siswa bdiang studi stenografi kelas XII SMK (BM) Perguruan Taman Siswa Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 653.140 71 Tam p
Keywords: Bahan Ajar; Cetakan; Penyusunan Bahan Ajar; Ssiswa; Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 13 Dec 2016 04:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13236

Actions (login required)

View Item
View Item