PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER DAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Ganda, Shelvia Septima (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEADS TOGETHER DAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114254 Cover.pdf]
Preview
Text
708114254 Cover.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 708114254 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
708114254 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of 708114254 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
708114254 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 708114254 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
708114254 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 708114254 Abstrak.pdf]
Preview
Text
708114254 Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 708114254 Bab I.pdf]
Preview
Text
708114254 Bab I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 708114254 Bab V.pdf]
Preview
Text
708114254 Bab V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 708114254 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
708114254 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X SMA Negeri 1 Sumbul”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Number Heads Together dan Mind Mapping di kelas X SMA Negeri 1 Sumbul. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumbul pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X1 yang terdiri dari 39 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Evaluasi. Sedangkan tehnik analisis data hasil belajar diperoleh dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar 58,97% atau 23 orang dengan rata-rata nilai sebesar 65,54, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 82,05% atau 32 orang dengan rata-rata nilai sebesar 81,79. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan siswa 21,08 dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Number Head Together dan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Sumbul tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Gan p
Keywords: Model pembelajaran Number Head Together dan Mind Mapping; Hasil belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 09 Nov 2016 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item
View Item