PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAHASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROKARBON

Damanik, Oktavia Mariana (2013) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP PENINGKATAHASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4104131010 COVER.pdf]
Preview
Text
4104131010 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 4104131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4104131010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4104131010 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4104131010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 4104131010 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4104131010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 4104131010 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4104131010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 4104131010 BAB I.pdf]
Preview
Text
4104131010 BAB I.pdf - Published Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of 4104131010 BAB V.pdf]
Preview
Text
4104131010 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 4104131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4104131010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning dengan Macromedia Flash terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada materi Hidrokarbon. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMA Budi Murni 3 Medan yang berjumlah 2 kelas. Sampel penelitian adalah sampel total berjumlah dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model Problem Based Learning dengan Macromedia Flash, sedangkan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol, tanpa penerapan model Problem Based Learning tetapi menggunakan Macromedia Flash . Instrumen yang digunakan objektif tes berjumlah 30 soal yang telah di uji validitas, reabilitas, taraf kesukaran tes, dan daya pembeda. Data peningkatan hasil belajar dianalisis dengan uji-t setelah lebih dahulu di uji normalitas dan homogenitasnya. Hasil menunjukkan t-hit = 5,5189 lebih besar dari t-tabel = 2,018, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yaitu peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash. Rata-rata peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash adalah 73,39 % sedangkn rata-rata peningkatan hasil belajar siswa kontrol dengan menggunakan Macromedia Flash sebanyak 60,50 %. Disimpulkan bahwa ada pengaruh model Problem Based Learning pada pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 547.010 712 Dam p
Keywords: Model problem based learning; Media pendidikan; Macro media flash; Atom karbon; Alkana; Alkena; Alkune.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 24 Aug 2016 08:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11087

Actions (login required)

View Item
View Item