PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN KONVENSIONAL PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII MTS AMALIYAH TANJUNG TIGA TAHUN AJARAN 2012/2013

Maryuni, Neni (2013) PERBEDAAN HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN KONVENSIONAL PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII MTS AMALIYAH TANJUNG TIGA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409411031_cover.pdf]
Preview
Text
409411031_cover.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
409411031_Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409411031_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_Abstrak.pdf]
Preview
Text
409411031_Abstrak.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409411031_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409411031_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409411031_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
409411031_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409411031_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_BAB I.pdf]
Preview
Text
409411031_BAB I.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_BAB V.pdf]
Preview
Text
409411031_BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 409411031 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409411031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 409411031_RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
409411031_RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional pada materi prisma dan limas kelas VIII MTs Amaliyah Tanjung Tiga Tahun Ajaran 2012//2013.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan pre-test and post-test group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Amaliyah Tanjung Tiga Tahun Ajaran 2012/2013. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah sampel 37 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes (pretest dan postest). Hasil uji reliabilitas diperoleh rhitung pretest = 0,873 dan rhitung postest = 0,903; dengan rtabel = 0,316 diperoleh pretest dan postest secara keseluruhan reliabel. Uji validitas pada 25 item soal dengan rtabel=0,316 diperoleh pada pretest terdapat 20 item valid dan pada postest terdapat 21 item valid. Dari hasil uji coba, diambil 20 soal pretest dan 20 soal postest untuk digunakan pada penelitian.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen 1 adalah 82,6 dan pada kelas eksperimen 2 adalah 74,7. Dari perhitungan uji normalitas data pretest kelas eksperimen 1 diperoleh Lhitung< Ltabel (0.0825 < 0.1457) dan data pretest kelas eksperimen 2 Lhitung< Ltabel (0.0769 < 0.1457) sedangkan pada postest kelas eksperimen 1 diperoleh Lhitung< Ltabel (0.1271 < 0.1457) dan kelas eksperimen 2 Lhitung< Ltabel (0.1376 < 0.1457) sehingga disimpulkan bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Dari perhitungan uji homogenitas data pretest diperoleh Fhitung = 1,21 dan Ftabel = 1,74 sedangkan pada postest diperoleh Fhitung = 1,40 dan Ftabel = 1,74 maka Fhitung< Ftabel sehingga dapat disimpulkan kedua sampel berasal dari populasi yang homogen.Hasil uji-t pada taraf dan dk= 72 diperoleh thitung > ttabel yaitu (3,97 > 1,668) artinya bahwa hasil pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional kelas VIII MTs Amaliyah Tanjung Tiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 Mar p
Keywords: belajar; pembelajaran matematika; pembeljaran kooperatif; pembelajaran konvensional; prisma; limas
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 18 Aug 2016 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item
View Item