PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL DI SMA NEGERI 1 STABAT

Waruwu, Restamina (2013) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL DI SMA NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 071244310004 COVER.pdf]
Preview
Text
071244310004 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 071244310004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
071244310004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 071244310004  KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
071244310004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 071244310004  ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
071244310004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 071244310004  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
071244310004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 071244310004  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
071244310004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 071244310004  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
071244310004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 071244310004  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
071244310004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 071244310004  BAB I.pdf]
Preview
Text
071244310004 BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 071244310004  BAB V.pdf]
Preview
Text
071244310004 BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 071244310004  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
071244310004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian yang ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran model quantum teaching dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat sebanyak dua kelas siswa dengan rata-rata jumlah siswa 40 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk objektif tes. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas tes. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Stabat diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran model quantum teaching lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan konvensional. Hasil belajar siswa kelas eksperimen I diperoleh nilai rata-rata 52,88. Sedangkan hasil belajar siswa kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata sebesar 68,87. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t satu pihak, dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu thitung = 4,439 > t table= 1,667 dengan taraf α = 0,05. Peningkatan hasil belajar pada eksperimen 1 adalah 36,86% dan untuk eksperimen 2 adalah 60,53% sehingga peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 1 dengan kelas eksperimen 2 adalah 23,67%. Ini berarti terdapat pengaruh pembelajaran model quantum teaching terhadap hasil belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.220 71 War p
Keywords: Kimia; Pengajaran; Media; Konvensional; Quantum; Mol; Materi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 15 Aug 2016 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10493

Actions (login required)

View Item
View Item