PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID

Imransyah, Ali (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408131029 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131029 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131029 BAB I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131029 BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berorientasikan CEP terhadap hasil belajar siswa kelas XI IA Semester II pada materi pokok Koloid di SMA N 1 Kisaran. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IA Semester II SMA N 1 Kisaran yang terdiri dari 7 kelas berjumlah 280 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas IX IA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AI 5 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 46,625 ± 8,65 dan nilai rata-rata kelas 48,5 ±9,14. Pada pengujian normalitas diperoleh pada kelas eksperimen dengan harga Chi Kuadrat hitung ( ) = 6,48 dan harga Chi Kuadrat tabel ( ) = 12,562, untuk kelas kontrol harga Chi Kuadrat hitung ( ) = 4,78, dan harga Chi Kuadrat tabel ( ) = 14,017, sehingga diperoleh Chi Kuadrat hitung ( ) < Chi Kuadrat tabel( )l, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,028 dan Ftabel = 1,705, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi CEP dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 82 ± 5,94 dan kelas kontrol 79,25±5,943. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,191 dan tabel = 1,997, sehingga thitung > ttabel (2,12 >1,997) maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi CEP pada materi pokok Koloid di kelas XI SMA N 1 Kisaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Call Number: 540.071 Imr p
Keywords: Aerosol; Emulsi; Buih
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9987

Actions (login required)

View Item View Item