PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS(THINK-PAIR-SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN T.P. 2011/2012

Lubis, Yuliana (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS(THINK-PAIR-SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408341063 COVER.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341063 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341063 BAB I.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341063 BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408341063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada materi Ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan data diperoleh dari satu kelas yang dipilih secara sampling purposif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 157 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil satu kelas yaitu kelas X-4 yang terdiri dari 40 orang yang diberikan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan penguasaan materi ekosistem diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan soal materi ekosistem sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 53,71 dan posttest sebesar 78,25 dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa pada materi Ekosistem yaitu 24,55. Hasil penilaian keaktifan siswa di kelas X-4 telah ditentukan 26 orang (65% kategori sangat baik) dan 14 orang (35% kategori baik). Dengan melihat keberhasilan pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada materi Ekosistem, maka diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) ini dalam pengajaran materi biologi lain atau pengajaran materi pelajaran bidang studi lain di luar mata pelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, M. Yusuf1963129031989031005
Call Number: 574.071 Lub p
Keywords: Populasi; Sampel;Penelitian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9956

Actions (login required)

View Item View Item