PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN KLS VII SEMESTER I MTs P. BATU KAB. DELI SERDANG T.P. 2012/2013

Ulin, Meri Pinta (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN KLS VII SEMESTER I MTs P. BATU KAB. DELI SERDANG T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408121071 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408121071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408121071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408121071 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408121071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408121071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408121071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408121071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408121071 BAB I.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408121071 BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408121071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk· mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Koopertaif Tipe ST AD dengan Model Pembelajaran Konvensional pada Materi Pokok Besaran dan Satuan Kelas VII Semester 1 Madrasah Tsanawiyah Pancur Batu Kab. Deli Serdang T.P. 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pre-test dan post-test, populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII Semester I Madrasah Tsanawiyah Pancur Batu Kab. Deli Serdang T.P. 2012/2013. Sam pel Penelitian ini diambil dengan teknik sampling jenuh, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe ST AD , dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 3 option (a, b, c). Tes hasil belajar divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,43 dengan standar deviasi 9,53 dan nilai rata•rata pretes kelas kontrol 34,71 dengan standar deviasi 10,84. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal, memiliki varians yang homogen dan kedua sampel memiliki pengetahuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan kepada kedua sampel dimana kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe ST AD dan kelas kontrol dengan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata pastes kelas eksperimen 75 dengan standar deviasi 9,70 dan niilai rata-rata postes kelas kontrol 67,14 dengan standar deviasi 12,74. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa (g) pada kelas eksperimen adalah 0,62 atau 62 % dengan interpretasi sedang dan besarnya peningkatan hasil belajar siswa (g) pada kelas kontrol adalah 0,50 atau 50% dengan interpretasi sedang. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,90 dan ltabel = I ,983, sehingga thitung > ttabcl maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe ST AD dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok besaran dan satuan kelas VII semester I Madrasah Tsanawiyah Pancur Batu Kab. Deli Serdang T.P. 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTampubolon, Togi196105011987031003
Call Number: 530.071 Uli p
Keywords: Belajar; Konvensional; Konseptual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9951

Actions (login required)

View Item View Item