PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS TEKA TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 HUTABAYURAJA T.A 2011/2012

RAJAGUKGUK, ABADI EINSTEIN (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS TEKA TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 HUTABAYURAJA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408321001 COVER.pdf]
Preview
Text
408321001 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 408321001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408321001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 408321001 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408321001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 408321001 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
408321001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 408321001 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
408321001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 408321001 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
408321001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 408321001 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
408321001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 408321001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
408321001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 408321001 BAB I.pdf]
Preview
Text
408321001 BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 408321001 BAB V.pdf]
Preview
Text
408321001 BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 408321001 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
408321001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus kelas VII di SMP Negeri 2 Hutabayuraja T.A 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Hutabayuraja yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik simple random sampling, yaitu Kelas VIIA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) dan kelas VIIB dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa.Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 41,33 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 40,33. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas, diperoleh rata-rata nilai postes dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) sebesar 72,5 sedangkan siswa yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 63,5. Begitu juga dengan hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran diperoleh rata-rata 58,52 dengan kategori kurang baik. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,1 > 1,671 pada taraf signifikan α = 0,05 Hal ini berarti terima Ha dan tolak Ho dan terdapat persentase pengaruh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14,2% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus kelas VII di SMP Negeri 2 Hutabayuraja T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 530.071 Raj p
Keywords: Teka Teki Silang; Gerak Lurus; Gerak Semu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 12 Aug 2016 08:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9938

Actions (login required)

View Item
View Item