PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 41 MEDAN T.A 2012/2013

Butar- butar, Dameria Inda Mayasari (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 41 MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
05311332 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05311332 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05311332 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05311332 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05311332 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05311332 BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05311332 BAB V.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05311332 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05311332 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar matematika siswa di kelas VIII SMP Negeri 41 Medan setelah diterapkan pembelajaran Kooperatif Teknik Inside-Outside Circle dengan menggunakan model diskusi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 41 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas, yang berjumlah 40 orang.Prosedur penelitian yang pertama adalah memberikan pre-test pada kelas sampel untuk melihat kemampuan awal siswa terhadap materi yang diajarkan. Kedua dengan memberikan pelajaran pada pokok bahasan kubus dan balok dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif teknik Inside-Outside Circle. Ketiga memberikan post-test untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Bentuk soal pre-test dan post-test yang diberikan adalah pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Hasil pengamatan observer terhadap aktivitas belajar siswa diperoleh persentase rata-rata aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran yaitu pada pertemuan I sebesar 76,1% (baik), pada pertemuan II sebesar 80,75% (baik), pada pertemuan III sebesar 77,7% (baik), dan pada pertemuan IV sebesar 82,1% (baik). Sehingga rata-rata aktivitas belajar siswa dari pertemuan I s/d IV yakni 79,625% (baik). Dengan demikian, penerapan pembelajaran Kooperatif teknik Inside-Outside Circle dari awal hingga akhir aktivitas belajar siswa dikatakan baik.Dalam hal ketuntasan belajar, secara klasikal dari 40 siswa diperoleh 38 siswa yang tuntas belajar (95%) dan 2 siswa (5%) yang tidak tuntas belajar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kelas tersebut telah tuntas belajar pada pokok bahasan kubus dan balok.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre-test sebesar 47,375 dan pos-test sebesar 80,125. Dengan menggunakan uji statistik-t pada taraf signifikan diperoleh t = 14,715 dan t = 1,668 ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan pembelajaran Kooperatif teknik Inside-Outside Circle pada pokok bahasan Kubus dan Balok di kelas VIII SMP Negeri 41 Medan T.A 2012/ 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorLubis, Asrin196010021987031004
Call Number: 510.071 But p
Keywords: Kooperatif; Inside- Outside- Circle; Kubus; Balok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9931

Actions (login required)

View Item View Item