PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA KATOLIK ST. THOMAS 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Sipangkar, Teodora (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DI KELAS VIII SMP SWASTA KATOLIK ST. THOMAS 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244120043 COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120043 BAB I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120043 BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningatan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada materi keliling dan luas lingkaran.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action reserch) yang dibagi dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP St. Thomas 3 Medan tahun ajaran 2011/2012 yaitu kelas V111-2 yang berjumlah 39 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi keliling dan luas lingkaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Hasil analisis tes kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus I setelah dilakukan penerapa model pembelajaran kooperatif tipe TPS, nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran pada siklus I adalah 2,07 dan rata-rata observasi kegiatan kemampuan komunikasi siswa pada siklus I adalah 2,14. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 24 orang siswa (61,53%) dari 39 orang siswa dengan rata-rata kelas 58,58. Dengan melihat persentase kalasikal 85% dan > 65 secara individual, maka siklus I kemampuan komunikasi siswa belum mencapai ketuntasan, sehingga perlu dilanjutkan pelaksanaan siklusHasil analisis data pada akhir siklus II dengan model pembelajaran yang sama, banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 34 orang siswa (87,17%) dan 39 orang siswa dan rata-rata kelas 84,35. Berdasarkan criteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar ldasikal. Dan nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran pada siklus II adalah 3,11 tergolong kategori baik dan rata-rata observasi perribelajaran kegiatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada siklus II adalah 2,60 tergolong kategori baik.Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I dart- siklus II tersebut dapat dilihat bahwa ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa mempelajari materi keliling dan luas lingkaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) di SMP St. Thomas 3 medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBanjarnahor, H195805131988031002
Call Number: 510.071 Sip p
Keywords: Think- Pair- Share; Komunikasi; Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9928

Actions (login required)

View Item View Item