PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALA MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VIIIMTS NEGERI LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013 PADAPOKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK

Samosir, Ali Sodikin (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALA MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VIIIMTS NEGERI LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013 PADAPOKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244110035 COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110035 BAB I.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110035 BAB V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan matematika siswa setelah diajarkan dengan model reciprocal teaching dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VIII MTs Negeri Lubuk Pakam T.A. 2012/2013 pada pokok bahasan Kubus dan Balok.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII MTs Negeri Lubuk Pakam yang terdiri dari 5 kelas. Dari 5 kelas, dipilih 2 kelas secara random yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen1 dengan model reciprocal teaching dan kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen2 dengan pembelajaran STAD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah valid dengan reliabilitas tinggi yaitu 0,381 dengan jumlah soal sebanyak 5 item.Penelitian ini tidak menggunakan pretes dengan alasan bahwa kemampuan dasar masing-masing siswa di kedua kelas dianggap sama.Nilai rata-rata hasil postes pada kelas eksperimen1 86,611 dan nilai rata-rata hasil postes kelas eksperimen2 adalah 78,50. Dari hasil analisis data postes kelas eksperimen1 diperoleh L0 = 0,0939 < Ltabel = 0,1477, dan dari postes kelas eksperimen2 diperoleh L0 = 0,0867 < Ltabel = 0,1477. Sehingga disimpulkan data postes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data postes kedua sampel homogen, dimana Fhitung = 1,186 < Ftabel = 1,68. Setelah dilakukan uji-t diperoleh bahwa thitung = 6,257 dan ttabel 1,669. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan model reciprocal teaching dan pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas VIII MTs Negeri Lubuk Pakam T.A. 2012/2013 pada pokok bahasan kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Call Number: 510.071 Sam p
Keywords: Kubus; Balok; Volume; Luas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9879

Actions (login required)

View Item View Item