UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V MIN SEI AGUL MEDAN T A 2011/2012

Manyatika, Syska (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V MIN SEI AGUL MEDAN T A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244120053 COVER.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 BAB I.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 BAB V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244120053 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, mengetahui ketuntasan belajar siswa dan respon Siswa melalui pendekatan matematika realistik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va MIN Sei Agul Medan yang berjumlah 42 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar berbentuk uraian sebanyak dua kali. Hasil analisis tes hasil belajar setelah diberikan Tindakan pada siklus I yaitu melalui pendekatan matematika realistik, terdapat 28 orang (66,67 %) telah mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 67,74 tetapi belum mencukupi syarat ketuntasan klasikal.(85%), maka dilanjutkan pada siklus II dan Hasil analisis tes hasil belajar setelah diberikan Tindakan pada siklus II yaitu terdapat 38 orang (90,47 %) telah mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 70,12 dan telah tuntas secara klasikal.(85%) maka pembelajaran telah tuntas dan penelitian di berhentikan. Dari tindakan yang diberikan diperoleh peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 2,38. Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar maka kepada guru perlu memikirkan aplikasi pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Hasrutuddin196312311991031030
Call Number: 510.071 Man u
Keywords: tes;wawancara;observasi,reduksi;paparan data
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9819

Actions (login required)

View Item View Item