PENGARUH HASIL BELAJAR YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PAGARAN T.P. 2015/2016

Silaban, Pretty (2015) PENGARUH HASIL BELAJAR YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PAGARAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123121049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123121049 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123121049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123121049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123121049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123121049 TABLE.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123121049 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123121049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123121049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123121049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123121049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar yang menggunakan model problem based learning dengan pembelajaran konvensinal pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pagaran T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari enam kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam aspek pengetahuan berbentuk uraian yang terdiri dari 8 soal yang sudah divalidasi dan digunakan juga lembar observasi untuk mengukur aktivitas, sikap dan keterampilan. Dari analisa data untuk kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model problem based learning diperoleh rata-rata pretes 28,22 dan nilai rata-rata postes 74,22. Kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata pretes 26,95 dan rata-rata postes 66,41. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh hasil belajar yang signifikan terhadap hasil belajar menggunakan model problem based learning pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Pagaran T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHakim, Abdul196407311991031001
Call Number: SK-2016 FIS 096
Keywords: Model Problem Based Learning; Hasil Belajar; Aktivitas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Aug 2016 08:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9793

Actions (login required)

View Item View Item