PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA SWASTA NUSANTARA LUBUKPAKAM T.P 2015/2016

Sitepu, Dessy Yulia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA SWASTA NUSANTARA LUBUKPAKAM T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4123321011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4123321011 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4123321011  VALIDITY SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4123321011 VALIDITY SHEET.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4123321011 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4123321011 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4123321011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4123321011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4123321011 FOREWORD.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4123321011 FOREWORD.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4123321011 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4123321011 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4123321011 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4123321011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4123321011 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4123321011 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4123321011 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4123321011 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4123321011 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4123321011 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4123321011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4123321011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4123321011 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4123321011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaranKooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Animasilebih baik daripada model pembelajaran langsung pada materi pokok Suhu dan Kalor kelas X SMA Swasta Nusantara Lubukpakam T.P 2015/2016.Jenispenelitianiniadalah quasieksperimen. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen lebih rendah dari nilai rata-rata kelas kontrol. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Animasidan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postes kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai postes kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari hasil postesnya yaitu nilai postes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai postes kelas kontrol karena adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Swasta Nusantara Lubukpakam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 FIS 051
Keywords: Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD; Model pembelajaran langsung; Media animasi; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Aug 2016 08:56
Last Modified: 11 Aug 2016 08:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9756

Actions (login required)

View Item
View Item