MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Depary, Suasana and Mukthar (2013) MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 93-107. ISSN 1979-6692

[thumbnail of Cover.jpg]
Preview
Image
Cover.jpg

Download (805kB) | Preview
[thumbnail of Redaction.pdf]
Preview
Text
Redaction.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of TableOfContents.pdf]
Preview
Text
TableOfContents.pdf

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of FullText.pdf]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan: (1) perbedaan hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model PAKEM dan ekspositori, (2) perbedaan hasil belajar fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit dan sekuensial abstrak, (3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar fisika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kuala. Teknik penarikan sampel dengan cluster random sampling. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan  = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model PAKEM lebih tinggi daripada ekspositori; (2) hasil belajar fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit lebih tinggi daripada sekuensial abstrak; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar fisika. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan hasil belajar fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkrit lebih tinggi bila diajar dengan model PAKEM, sedangkan hasil belajar fisika siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi bila diajar dengan ekspositori.

Item Type: Article
Keywords: Model Pembelajaran PAKEM dan Ekspositori; Gaya Berpikir; Hasil Belajar Fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 28 Mar 2016 03:10
Last Modified: 28 Mar 2016 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/972

Actions (login required)

View Item
View Item