PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Saema, (2016) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123131079 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123131079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123131979 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123131079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123131079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123131079 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123131979 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123131079 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123131079 BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123131079 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123131079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal , model pembelajaran dan interaksi antara kemampuan awal dan model pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 18 Medan. Sampel kelas diambil 2 kelas secara teknik sampling sederhana, selanjutnya sampel siswa ditentukan dengan mengukur kemampuan awal siswa. Setiap kelas sampel diambil sebanyak 20 orang siswa masing-masing setiap kelas terdiri dari 10 orang siswa berkemampuan awal rendah dan 10 orang siswa berkemampuan awal tinggi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian 2 x 2. Ada dua faktor yang diujicobakan yaitu faktor A: kemampuan awal yang terdiri dari dua taraf yaitu kemampuan awal rendah (A1) dan kemampuan awal tinggi (A2), faktor B: model pembelajaran yang terdiri dari ada dua taraf yaitu discovery learning (B1) dan inkuiri terbimbing (B2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi bila dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning memberikan rata-rata hasil belajar yang paling tinggi sebesar 91,8 ± 4,52 dan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah bila dibelajarkan dengan model pembelajaran discovery learning menunjukkan rata-rata hasil belajar yang paling rendah sebesar 80,3 ± 6,18. Siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi bila diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menunjukkan rata-rata hasil belajar lebih tinggi sebesar 83,5 ± 5,99 dibandingkan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah menunjukkan rata-rata hasil belajar sebesar 80,9 ± 6,54. Secara statistik dibuktikan bahwa ada perbedaan secara signifikan rataan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan tidak ada perbedaan secara signifikan rataaan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk pengajaran yang menerapkan kemampuan awal rendah maupun tinggi. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji statistik anava dua jalur. Hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan α sebesar 0,05 diperoleh hasil Fhit (AB) 5,78 ˃ Ftabel 4,11 bearti ada interaksi antara kemampuan awal dan model pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa. Pada uji pengaruh sederhana siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi sebaiknya dibelajarkan dengan model discovery learning sedangkan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah sebaiknya dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSimatupang, Lisnawaty197607192003122002
Call Number: SK-2016 KIM 087
Keywords: Interaksi; Kemampuan Awal; Discovery Learning; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar Kimia Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2016 07:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9709

Actions (login required)

View Item View Item