PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVENT DIVISION) DAN TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA KRAKATAU MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Hardiansyah, Muhammad (2014) PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVENT DIVISION) DAN TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA KRAKATAU MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 0712661100130 COVER.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0712661100130 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 0712661100130 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 0712661100130 PREFACE.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 0712661100130 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 0712661100130 TABLES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 0712661100130 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 0712661100130 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 0712661100130 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 0712661100130 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 0712661100130 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan informasi seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT terhadap hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Krakatau Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Krakatau Medan dengan jumlah sebanyak 52 orang, sedangkan sampel adalah kelas XI IPS berjumlah 26 orang yang diperoleh berdasarkan teknik cluster sampling.Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah test dan pengukuran terhadap passing bawah bola voli. Untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel digunakan perhitungan statistik uji t.Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Krakatau Medan Tahun Ajaran 2013/2014, dimana thitung = 12,22 sedangkan ttabel pada dk n-1 (13-1) = 1,78, sehingga thitung > ttabel (12,22 > 1,78). 2) terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran tipe TGT terhadap hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa SMA Krakatau Medan Tahun Ajaran 2013/2014, dimana thitung = 14,95 sedangkan ttabel pada dk n-1 (13-1) = 1,78, sehingga thitung > ttabel (14,95 > 1,78). 3) model pembelajaran Kooperatif tipe STAD lebih besar pengaruhnya dari pada tipe TGT terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Krakatau Medan Tahun Ajaran 2013/2014, dimana thitung = 5,50 sedangkan ttabel pada dk n1+n2-2 (13+13-2) = 1.71, sehingga thitung > ttabel (5,50 > 1,71).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKusumasari, Ika198308282008122003
Call Number: 796.325 071 Har p
Keywords: pendidikan jasmani; hasil belajar; passing bawah voli; STAD; TGT; pembelajaran kooperatif
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9679

Actions (login required)

View Item View Item