UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SENAM LANTAI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN KELUARGA TAHUN AJARAN 2013/2014

Dongoran, Rahmad Kurniawan (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ROLL DEPAN SENAM LANTAI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA YAYASAN PENDIDIKAN KELUARGA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
609112059 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112059 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112059 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112059 BAB I.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112059 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
609112059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar gerakan roll depan pada senam lantai dengan menggunakan alat bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMA Swasta YPK Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah siswa kelas X B yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran Gerakan roll depan dengan menggunakan alat bantu pembelajaran. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar gerakan roll depan. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau tiga kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari hasil belajar tes awal diperoleh sebanyak 8 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (20,5%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan selebihnya 31 orang siswa (79,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 48,72. Belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 70%. (2) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 20 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (51,3%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 19 orang siswa (48,7%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 58,1. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 70%. (3) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 33 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (84,6 %) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 6 orang siswa (15,3%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 78,1. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan alat bantu pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar gerkan roll depan dalam senam lantai pada siswa kelas X B SMA Swasta YPK Medan Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, Usman197511092003121002
Call Number: 796.440 71 Don u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Senam Lantai; Roll Depan (Guling Depan); Media Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9521

Actions (login required)

View Item View Item