UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN SWING SOFTBALL MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 1 SEI RAMPAH SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2013/2014

Harahap, Nur Kholilah (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN SWING SOFTBALL MENGGUNAKAN VARIASI PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI 1 SEI RAMPAH SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 6101112076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Pukulan Swing Softball MenggunakanVariasi Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Audio Visual Pada Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Sei Rampah Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah siswa kelas X-2 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 38 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran Pukulan Swing Softball Menggunakan Variasi Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Audio Visual. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar dasar pukulan swing Softball. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 21 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (55%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 18 orang siswa (45%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 68.95. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 34 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (89%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (11%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 76.14. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar pukulan swing Softball pada siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Sei Rampah Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMesnan, 196606021993031001
Call Number: 796.357 807 12 Har u
Keywords: Pembelajaran Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Softball; Pukulan Swing; Variasi Pembelajaran; Audio Visual
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9444

Actions (login required)

View Item View Item