PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARI SPRINT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP YAYASAN PERGURUAN PAHLAWAN NASIONAL MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Marpaung, Hasanul Fadhilah (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARI SPRINT UNTUK SISWA KELAS VIII SMP YAYASAN PERGURUAN PAHLAWAN NASIONAL MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6101112042 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6101112042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6101112042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6101112042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
610112042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
610112042 DAFTAR TABEL (1).pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6101112042DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
610112042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
610112042 BAB I.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6101112042 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6101112042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui model pembelajaran Make A Match pada siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 40 orang siswa, dimana 18 laki-laki dan 22 perempuanMetode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk Memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan obeservasi untuk melihat hasil belajar sebelum dilakukannya tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint sebanyak 2 kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari data KKM siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match diperoleh 14 siswa (35%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan 26 siswa (65%) belum mencapai ketuntasan., dengan nilai rata-rata 48,75%. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match. (2) dari tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran Make A Match di siklus I diperoleh 26 siswa (65%) yang telah mencapai ketuntasan hasil belajar, sedangkan 14 siswa (35%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar, dengan nilai rata-rata 51,46%. Kemudian dilakukan kembali model pembelajaran Make A Match dengan menelaah dimana letak kelemahan di siklus I. (3) dari hasil belajar II di siklus II diperoleh 35 siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan hasil belajar, sedangkan 5 siswa lainnya (12,5%) belum mencapai ketuntasan hasil belajar dengan nilai rata-rata 78,74%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dari data KKM yang ada ke siklus I yaitu 2.71 % dan dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan 27.28%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui model pembelajaran Make A Match dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Yayasan Perguruan Pahlawan Nasional Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorIshak, M1974092 6200701 1 001
Call Number: 796.420 71 Mar p
Keywords: Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Lari Sprint; Make A Match; Model Pembelajaran.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9310

Actions (login required)

View Item View Item