UPAYA MENNINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI (GULING DEPAN) DENGAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KECAMATAN BORBOR KABUPATEN TOBASA TAHUN AJARAN 2012/2013

Pasaribu, Johannes (2013) UPAYA MENNINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI (GULING DEPAN) DENGAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KECAMATAN BORBOR KABUPATEN TOBASA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
608112153 COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112153 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112153 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112153 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112153 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112153 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112153 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112153 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112153 BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112153 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
608112153 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ..-..r :am lantai (guling depan) dengan media modifikasi pad siswa kelas XI IPA - !.A ~egeri 1 Kecamatan Bor-Bor Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini •hanakan di SMA Negeri I Kecamatan Bor-Bor. Waktu penelitian ini • '"',;;hsanakan pada bulan November 2012 sebanyak 2 kali pertemuan. Populasi .;Zam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kecamatan BorBor Tahun Ajaran 2012/2013 Sebanyak 98 Orang. Sedangkan yang menjadi sz:::q>el dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IP A yang berjmlah 98 orang. ?engambiJan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling yaitu pengambilan 52:llpel secara acak. Penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis r;enelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan bahwa ~lajaran dengan media modifikasi berpengaruh terhadap perbaikan .:.au.ntasan belajar senam lantai (guling depan). Hasil siklus I menunjukkan bahwa j:Jmlah siswa yang sudah memiliki ketuntasan belajar senam lantai (guling depan) 3dalah 22 orang yang nilai rata-ratanya( 56,41%) sedangkan 17 orang siswa yang c::lai rata-ratanya(43,59%) be1um tuntas dalam pembelajaran dengan ketuntasan kbstl:al 69,04. Pada siklus II temyata te1ah ada 35 orang siswa yang nilai ratar4! Ilya mencapai (89,74%) yang telah tuntas dalam pembelajaran, sedangkan .sdebihnya 4 orang siswa yang nilai rata-ratanya (10,25%) belum tuntas dalam p:mbelajaran. Dengan ketuntasan klasikal 79,08. Sebagai kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa proses ~behjaran senam lantai dengan media modifikasi pada siswa kelas XI IP A _ .!A.Negeri I Kecamatan Bor-Bor Tahun Ajaran 2012/2013 dapat meningkatkan l2sil belajar siswa.nilai rata-rata pada tes awal adalah 32,04% (tidak tuntas),pada - ::lSI nilai rata-rata siswa menjadi (56,41%) ( tidak tuntas) dan pada siklius II - zi rata-rata siswa telah mencapai 79.08% (tuntas).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorIshak, 197409262007011001
Call Number: 796.440 71 Pas u
Keywords: Pembelajaran; Senam Lantai; Media; Modifikasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8937

Actions (login required)

View Item View Item