UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUSH-FOREHAND PADA PERMAINAN TENIS MEJA DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA/SISWI KELAS VII SMP NEGERI 1 AEK LEDONG KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2012-2013

Azura, Roy Arief (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUSH-FOREHAND PADA PERMAINAN TENIS MEJA DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA/SISWI KELAS VII SMP NEGERI 1 AEK LEDONG KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081266110089 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110089 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110089 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110089 BAB I.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110089 BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081266110089 DAFAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Push-forehand pada permainan tenis meja dengan menggunakan metode resiprokal pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Ledong Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2012/2013.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar Sebelum menggunakan pembelajaran metode resiprokal (Pre-test) lalu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan bermain yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi tehnik dasar tenis meja pukulan Push-forehand sebanyak 2 kali pertemuan.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan metode resiprokal (Pre-test) diperoleh 5 siswa (13,88%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 31 siswa (86,11%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 59,71. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Metode resiprokal. (2) dari tes hasil belajar menggunakan metode resiprokal di siklus I diperoleh 23 siswaii(63,88%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (36,11%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 77,54. Kemudian dilakukan kembali metode resiprokal dengan variasi. (3) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 31 siswa (86,11%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (13,88%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 82,17. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil anaisis data dikatakan bahwa melalui metode resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar pukulan Push-forehand pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Aek Ledong Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2012-2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSugiono, 195604031984031009
Call Number: 796.346 071 Azu u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Gaya; Resiprokal; Tenis Meja; Push Forehand
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8842

Actions (login required)

View Item View Item