UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X1 SMA AL –HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Witara, Ariandi (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS X1 SMA AL –HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071266110039 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110039 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110039 BAB I.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110039 BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071266110039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatan hasil belajarservis atas bola voli melalui penerapan gaya mengajar resiprokal pada siswa kelasX Tahun Ajaran 2012/2013.Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajarsebelum menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) laludilakukan pembelajaran dengan menggunakan penerapan gaya mengajarresiprokal. Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasiteknik servis atas bola voli sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajarsebelum menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal (pre-tes) diperoleh 9siswa (32,14%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 19siswa (67,86%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Kemudian dilakukanpembelajaran menggunakan penerapan gaya mengajar resiprokal. (2) dari tes hasilbelajar pada siklus I diperoleh 18 siswa (64,28%) yang telah mencapai tingkatketuntasan belajar, sedangkan 10 siswa (35,72%) belum mencapai tingkatketuntasan belajar. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran menggunakanpenerapan gaya mengajar resiprokal. (3) dari tes hasil belajar pada siklus IIdiperoleh 24 siswa (85,71%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 4 siswa (35,72%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dalamhal ini dapat dilihat bahwa terjadi perbaikan proses nilai hasil belajar siklus I kesiklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui pendekatanbermain dapat memperbaiki hasil belajar servis atas bola voli pada siswa kelas X1SMA Al - Hidayah Medan Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTantri, Afri197112241999031002
Call Number: 796.325 071 Wit u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Pembelajaran; Bola Voli; Gaya Mengajar Resiprokal
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8785

Actions (login required)

View Item View Item