PERBEDAAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DENGAN GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMA JOSUA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Pratiwi, Yuni (2012) PERBEDAAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DENGAN GAYA MENGAJAR LATIHAN TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X SMA JOSUA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081266110054 cover.pdf]
Preview
Text
081266110054 cover.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 081266110054 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
081266110054 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 081266110054 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
081266110054 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 081266110054 Abstrak.pdf]
Preview
Text
081266110054 Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 081266110054 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
081266110054 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 081266110054 Bab I.pdf]
Preview
Text
081266110054 Bab I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[thumbnail of 081266110054 Bab V.pdf]
Preview
Text
081266110054 Bab V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 081266110054 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
081266110054 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar inklusi dengan gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar passing bawah bola voli kelas X SMA Josua Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Lokasi penelitian ini adalah SMA Josua medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi adalah siswa kelas X SMA Josua Medan yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X-3 sebanyak 30 orang, yakni 15 orang ditetapkan sebagai kelompok metode pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar inklusi (X1) dan 15 orang ditetapkan sebagai kelompok metode pembelajaran dengan menggunakan gaya mengajar latihan (X2). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen penelitian tes hasil belajar passing bawah bola voli yang diujikan sebanyak dua kali yaitu pre test dan post test. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: (a) gaya mengajar inklusi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kemampuan passing bawah bola voli siswa kelas X SMA Josua Medan Tahun Ajaran 2012/2013, (b) gaya mengajar latihan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas X SMA Josua Medan Tahun ajaran 2012/2013, dan (c) gaya mengajar inklusi lebih baik dibanding dengan gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar passing bawah bola voli siswa kelas X SMA Josua Medan Tahun ajaran 2012/2013. Dari hasil pengujian hipotesis thitung gabungan sebesar 1,45, selanjutnya harga tersebut dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 15 + 15 – 2 = 28 diperoleh bahwa ttabel = 1,70, dengan demikian thitung < ttabel (1,45 < 1,70) maka Ho diterima dan Ha ditolak yang menyatakan Tidak terdapat pengaruh gaya mengajar inklusi dengan gaya mengajar latihan terhadap hasil belajar passing bawah bola voli kelas X SMA Josua Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Sebenarnya terdapat perbedaan pengaruh gaya Inklusi dengan gaya Latihan Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli pada siswa kelas X SMA Josua Medan, Namun pengaruhnya sedikit sehingga tidak diterima oleh data statistik. Ada beberapa hal yang diduga menyebabkan tidak ter-ujinya hipotesis ketiga antara lain; Pertama, karena singkatnya waktu permateri dan dan waktu perjam pada pembelajaran pendidikan jasmani disekolah. Sehingga waktu yang sangat singkat itu kurang efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kedua, perbedaan kemampuan instruktur/pengetes dalam mengaplikasikan gaya mengajar. Dan ketiga, keterbatasan alat yang dipakai dalam mengukur hasil penelitian.Alat yang dipakai dalam penelitian ini adalah berupa lembaran penilaian yang berbentuk ceklis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 790.071 Pra p
Keywords: passing bawah ; gaya mengajar ;
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 11 Aug 2016 08:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8580

Actions (login required)

View Item
View Item