PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA MATERI ASAM BASA UNTUK SISWA SMA

Wardaniah, Ummy (2016) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA MATERI ASAM BASA UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4123331054 COVER.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4123331054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4123331054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4123331054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4123331054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4123331054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4123331054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4123331054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4123331054 BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4123331054 BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4123331054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai Islami pada materi asam basa, bertujuan untuk 1) mengetahui ada/ tidaknya nilai-nilai Islami dalam materi ajar pada buku kimia SMA/MA; 2) mengetahui kualitas modul berdasarkan BSNP; 3) mengetahui respon guru dan mahasiswa terhadap modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini meliputi empat tahapan yaitu (1) Analisis kebutuhan; (2) Pengembangan modul; (3) Standarisasi modul meliputi standarisasi berdasarkan BSNP dan respon guru dan mahasiswa; (4) Revisi/ Perbaikan. Penelitian ini melibatkan 3 dosen, 3 guru dan 15 mahasiswa. Instrument yang digunakan adalah angket analisis nilai-nilai Islami terhadap buku teks Kimia dan modul yang dikembangkan, angket penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP, dan angket penilaian respon guru dan mahasiswa terhadap modul. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data angket adalah: 1) Analisis nilai-nilai Islami terhadap buku teks Kimia yang digunakan di sekolah tidak ada/ kurang dengan nilai rata-rata 1,08; 2) penilaian kelayakan modul berdasarkan BSNP valid dan tidak perlu revisi dengan nilai rata-rata 3,5; 3) respon guru dan mahasiswa terhadap modul positif dengan nilai rata-rata 3,43.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDDarmana, Ayi196608071990101001
Call Number: SK-2016 KIM 099
Keywords: Modul Pembelajaran; Nilai- Nilai Islami; BSNP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2016 02:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8497

Actions (login required)

View Item View Item