PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI KOLOID DI SMA

Pasaribu, Mecyana (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI KOLOID DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4121131013 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4121131013 SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4121131013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4121131013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4121131013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4121131013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4121131013 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4121131013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4121131013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4121131013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4121131013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar modul ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar modul berbasis Project Based Learning (PjBL) yang sesuai dengan kriteria penilaian BSNP dan mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar modul tersebut pada materi koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Galang T.A. 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen kimia UNIMED yang mengajar Kimia Umum, seluruh guru kimia SMA Negeri 1 Galang dan seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Galang yang terdiri dari 3 (tiga) kelas. Sampel ditetapkan dengan purposive sampling untuk bahan ajar modul dan random sampling untuk mengambil 1 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research dan Development (R&D) dengan pretest-postest satu kelompok (One Group Pretest-Postest Design). Pengambilan data untuk penilaian bahan ajar modul diperoleh dengan kriteria penilaian BSNP. Sedangkan, data untuk hasil belajar siswa yang menggunakan modul berbasis project based learning (PjBL) diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar modul yang dikembangkan memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dengan pengolahan data yang diperoleh : Kelayakan Isi (3,22), Kelayakan Bahasa (3,27), Kelayakan Penyajian (3,2) dengan kriteria cukup valid dan tidak perlu revisi. Data hasil belajar yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji-t (uji pihak kanan). Hasil uji t-test untuk hasil belajar diperoleh harga thitung > ttabel (14,2919 > 1,699). Berdasarkan hasil analisis data, maka Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar kimia siswa yang menggunakan bahan ajar modul berbasis Project Based Learning (PjBL) lebih besar dari nilai KKM yaitu 70. Nilai afektif dan psikomotorik siswa juga berkembang, untuk rata-rata nilai afektif siswa yaitu 67,36 dan rata-rata nilai psikomotorik siswa yaitu 67,64.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJuniar, Anna196006131988032001
Call Number: SK-2016 KIM 035
Keywords: Bahan Ajar Modul; Project Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item