PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN REAL LAB DAN VIRTUAL CHEMLAB PADA MATERI TITRASI ASAM DAN BASA

Naipospos, Feni Alnitikarananta (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN REAL LAB DAN VIRTUAL CHEMLAB PADA MATERI TITRASI ASAM DAN BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123131034 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123131034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123131034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123131034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123131034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123131034 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123131034 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123131034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123131034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123131034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123131034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara model PBL menggunakan real lab dan PBL menggunakan virtual Chemlab terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi titrasi asam dan basa di SMA Negeri 1 Siantar Narumonda. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan model PBL menggunakan virtual Chemlab dan kelas eksperimen II diberi perlakuan dengan model PBL menggunakan Real Lab. Analisis data menggunakan uji t-dua pihak pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL menggunakan real lab dan model PBL menggunakan virtual Chemlab pada materi titrasi asam basa. Hal ini dilihat dari harga thitung > ttabel = 5,615 > 2,002, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas siswa yang dibelajarkan dengan model PBL menggunakan real lab dan PBL menggunakan virtual Chemlab pada materi titrasi asam basa. Hal ini dilihat dari harga thitung >ttabel = 5,79 > 2,002, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL menggunakan virtual Chemlab pada materi titrasi asam basa. Hal ini dilihat dari harga rhitung > rtabel =0,53 > 0,361.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad198304112008011005
Call Number: SK-2016 KIM 036
Keywords: Problem Based Learning; Real Lab; Virtual Chemlab; Hasil Belajar; Aktivitas Siswa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 08:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8480

Actions (login required)

View Item View Item