PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS DI KELAS X SMA N 1 BESITANG

Ketaren, Sri Ayu Karmela Br (2016) PENERAPAN MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS DI KELAS X SMA N 1 BESITANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4122131021 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4122131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4122131021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4122131021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4122131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4122131021 TABLES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4122131021 ILLUSTARTION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4122131021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4122131021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4122131021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4122131021 BIBILOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Reaksi redoks merupakan sub pokok pada materi kimia yang diajarkan di semester II pada kelas X, materi ini banyak mengandung reaksi dan bersifat absterak, sehingga membuat siswa sulit memahaminya. Oleh sebab itu dipilih model pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan materi tersebut. Penelitian ini bertujuan merupakan penelitian eksperimen dimana digunakan model pembelajaran mengajar menginduksi perubahan konsep simson (M3PK) untuk megetahui penerapan pada kelas eksperimen dan digunakan metode pembelajaran konvensional pada kelas control. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA/MA yang menggunakan kurikulum KTSP, kelas X, T.A 2015/2016. Sampel dipilih secara acak (proposif semling) dari 6 kelas X yang ada di SMA Negeri 1 Besitang terpilih 2 kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan kelas X-I sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 10 soal yang telah di uji validitasnya, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran M3PK dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Dan peneliti mengunakan uji homogenitas dan normagenitas untuk memperoleh peningkatan hasil belajar siswa. Hipotensis dilakukan dengan analisis data hasil belajar (gain).hasil peneliti menyatakan bahwa sampel didistribusi normal dan memenuhi syarat homogenitas. data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t pihak kanan. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,673 dan ttabel = 1,672. Karena thitung> ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak, dan analisi hasil bejar yang didapat Dari gambar di atas dapat dilihat bahwa % peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen (33%) lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol (29%). Maka disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan implementasi model M3PK lebih tinggi dan dapat meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan model konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTarigan, Simson196002231986031005
Call Number: SK-2016 KIM 082
Keywords: M3PK; Hasil Belajar; Reaksi Redoks; SMA Kelas X Semester II
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8479

Actions (login required)

View Item View Item