PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MEDIA LKS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Hutagaol, Laila Majnun (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BERBASIS LESSON STUDY DENGAN MEDIA LKS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4122131026 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4122131026 LEMBAR PENGESAHAN.doc.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4122131026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4122131026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4122131026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4122131026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4122131026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4122131026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4122131026 BAB 1.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4122131026 BAB 5.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4122131026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study dengan Media LKS dan yang dibelajarkan dengan menggunakan model Direct Instruction dengan Media LKS pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental menggunakan Pretest-posttest Control Group Design. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 5 dan XI IPA 7 MAN 1 MEDAN tahun pelajaran 2015/2016 yang diambil dengan cara acak (random sampling). Kelas eksperimen diajar menggunakan model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study dengan media lembar kerja siswa (LKS) dan kelas kontrol diajar menggunakan model direct instruction dengan media lembar kerja siswa (LKS). Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari rata-rata gain, peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78% sedangkan kelas kontrol sebesar 64%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran hidrolisis garam dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif berbasis lesson study dengan media LKS lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Instruction dengan media LKS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Call Number: SK-2016 KIM 031
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study; Model Direct Instruction; Media LKS; Hidrolisis Garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item