PENGARUH MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Lubis, Khairida Ashri (2016) PENGARUH MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR KIMIA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4113331021 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4113331021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4113331021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4113331021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4113331021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4113331021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4113331021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4113331021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4113331021 BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4113331021 BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4113331021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan menggunakan media E-Learning berbasis weblog pada materi larutan penyangga, dan untuk mengetahui berapa persen peningkatan hasil belajar siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar dan siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan menggunakan media E-Learning berbasis weblog pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Parulian 1 Medan, sampel dalam penelitian ini yaitu 2 kelas yang diambil secara random sampling. Pada kelas ekperimen I diberi pengajaran menggunakan model PBL dengan media E-Learning berbasis weblog terhadap siswa yang mengikuti bimbingan belajar dan Kelas ekperimen II diberi pengajaran menggunakan model PBL dengan media E-Learning berbasis weblog siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Instrumen tes yang valid sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest dan gain pada siswa yang mengikuti dan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel (5,813>1,667). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil belajar kimia siswa yang mengikuti bimbingan belajar lebih tinggi daripada siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar menggunakan model pembelajaran PBL dengan media E-Learning berbasis weblog pada materi larutan penyangga. Persen peningakatan hasil belajar siswa kelas ekperimen I yaitu 66,25% dan kelas ekperimen II yaitu 53,95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDEddiyanto, 196704251994031012
Call Number: SK-2016 KIM 113
Keywords: Problem Based Learning;Media E-Learning Berbasis Weblog; Larutan Penyangga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8439

Actions (login required)

View Item View Item