PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REGULASI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015/2016

Manullang, Ricky Marojahan (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REGULASI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM. 4123141081 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM. 4123141081 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 4123141081 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 4123141081 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4123141081 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4123141081 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM. 4123141081 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.NIM. 4123141081 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM. 4123141081 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.NIM. 4123141081 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6.NIM. 4123141081 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6.NIM. 4123141081 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM. 4123141081  DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7.NIM. 4123141081 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM. 4123141081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.NIM. 4123141081 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM. 4123141081 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM. 4123141081 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM. 4123141081 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM. 4123141081 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM. 4123141081 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.NIM. 4123141081 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar biologi pada
materi sistem regulasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif
tipe NHT, (2) Hasil belajar biologi pada materi sistem regulasi siswa yang diajar
dengan model pembelajaran ekspositori, dan (3) Pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem regulasi
siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan
T.P. 2015/2016. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah
lima kelas (200 orang). Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster
Random Sampling, sehingga sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas masingmasing
kelas terdiri dari 40 orang. Kelas ekperimen dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan kelas kontrol
denganpenerapan model pembelajaran ekspositori
Temuan penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar biologi pada materi
sistem regulasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe
NHT memiliki nilai rata-rata sebesar 81,03 dengan tingkat kecenderungan hasil
belajar 80% pada kategori tinggi, (2) Hasil belajar biologi pada materi sistem
regulasi siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori memiliki nilai
rata-rata sebesar 71,40 dengan tingkat kecenderungan hasil belajar 72,50% pada
kategori cukup, dan (3) Adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
NHT terhadap hasil belajar biologi pada materi sistem regulasi siswa kelas XI IPA
SMA Negeri 11 Medan T.P. 2015/2016. Hasil ini berdasarkan perhitungan uji
perbedaan nilai rata-rata postes kelas ekperimen dan kelas kontrol yang diperoleh
bahwa thitung > ttabel yaitu thitung = 9,22 > ttabel =1,667.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 BIO 069
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT); dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:45
Last Modified: 08 Aug 2016 04:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8406

Actions (login required)

View Item
View Item