PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMESTOURNAMENT (TGT) DENGAN TIPE JIGSAWPADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Tumangger, Friska Yessi (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMESTOURNAMENT (TGT) DENGAN TIPE JIGSAWPADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 4123141035 COVER.docx - Published Version

Download (20kB)
[img] Text
2. NIM 4123141035 LEMBAR PENGESAHAN.docx - Published Version

Download (305kB)
[img] Text
3.NIM 4123141035 ABSTRAK.docx - Published Version

Download (16kB)
[img] Text
4.NIM 4123141035 KATA PENGANTAR.docx - Published Version

Download (15kB)
[img] Text
5. NIM 4123141035 DAFTAR ISI.docx - Published Version

Download (17kB)
[img] Text
6.NIM 4123141035 DAFTAR GAMBAR.docx - Published Version

Download (15kB)
[img] Text
7. NIM 4123141035 DAFTAR TABEL.docx - Published Version

Download (14kB)
[img] Text
8. NIM 4123141035 DAFTAR LAMPIRAN.docx - Published Version

Download (14kB)
[img] Text
9. NIM 4123141035 BAB I.docx - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
13. NIM 4123141035 BAB V.docx - Published Version

Download (15kB)
[img] Text
14. NIM 4123141035 DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tipe Jigsaw pada materi Ekosistem di kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 94 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan degan teknik Sampling Total, sebanyak 2 kelas. X1 berjumlah 46 orang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dan kelas X2 berjumlah 48 orang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa instrumen tes yang terdiri dari 30 soal berbentuk pilihan berganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitin menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas TGT adalah 72,61 sedangkan rata-rata nilai postes untuk kelas Jigsaw adalah 78,89 Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh thitung = - 2,6118 dengan harga ttabel pada dk = (n1 + n2) – 2 = 92 dan taraf signifikan α = 0,05 adalah 1,9771. Diperoleh thitung = - 2,6118 tidak berada diantara - 1,9771 dan 1,9771 Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar Biologi siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tipe Jigsaw pada materi Ekosistem di kelas X SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAryeni, 196808281993032001
Call Number: SK-2016 BIO 083
Keywords: Hasil Belajar; Model TGT; Jigsaw
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Aug 2016 03:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8352

Actions (login required)

View Item View Item