PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS VII SMP ALI IMRON MEDAN

Kanura, (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK- PAIR-SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS VII SMP ALI IMRON MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4123111038 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4123111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4123111038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4123111038 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4123111038 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4123111038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4123111038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4123111038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 4123111038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4123111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan Student Teams Achievement Division kelas VII SMP Ali Imron Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Ali Imron Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A kelas VII-B sebanyak 51 orang. Jenis penulisan ini adalah eksperimen semu. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematik berupa uraian sebanyak 3 soal. Dari hasil analisis data diperoleh ratarata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share adalah 25,27 dengan simpangan baku 3,19 dan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division adalah 28,20 dengan simpangan baku 2,99. Untuk uji hipotesis digunakan uji t dua pihak, dari hasil perhitungan diperoleh dengan kriteria pengujian terima Ho dan tolak Ha jika sehingga terlihat bahwa ternyata tidak berada dalam interval tersebut yang berarti bahwa ditolak dan diterima atau dengan kata lain terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division Kelas VII SMP Ali Imron Medan. Berdasarkan hasil penelitian ini, model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan Student Teams Achievement Division dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa khususnya pada materi luas bangun datar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Call Number: SK-2016 MAT 064
Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; TPS; STAD;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 06:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8329

Actions (login required)

View Item View Item