UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2015/2016

Harahap, Khairun Nisyah (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 BAB I.pdf - Published Version

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 4123311022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016, (2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan T.A 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok bahasan prisma dan limas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilihat dari setiap langkahlangkah pemecahan masalah pada tes kemampuan awal, tes kemampuan pemecahan masalah I dan tes kemampuan pemecahan masalah II. Langkah memahami masalah pada tes kemampuan awal 58,20 (rendah) ,tes kemampuan pemecahan masalah I 80,08 (tinggi), tes kemampuan pemecahan masalah II 89,45 (tinggi). Langkah menyusun rencana penyelesaian pada tes kemampuan awal 45,80 (sangat rendah) , tes kemampuan pemecahan masalah I 72,88 (sedang), tes kemampuan pemecahan masalah II 81,47 (tinggi). Langkah melaksanakan rencana penyelesaian pada tes kemampuan awal 52,05 (rendah) , tes kemampuan pemecahan masalah I 78,61 (sedang), tes kemampuan pemecahan masalah II 85,38 (tinggi) serta langkah memeriksa kembali pada tes kemampuan awal 29,69 (sangat rendah), tes kemampuan pemecahan masalah I 71,48 (sedang), tes kemampuan pemecahan masalah II 81,25 (tinggi). Sehingga diperoleh bahwa langkah yang paling rendah pada kemampuan pemecahan masalah tersebut adalah memeriksa kembali. Selain itu, kemampuan peneliti mengelola pelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada kegiatan awal 2,63 menjadi 3,12. Pada kegiatan inti 2,47 menjadi 3,05. Pada kegiatan penutup 2,75 menjadi 3,75. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII pada pokok bahasan prisma dan limas SMP Negeri 17 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHaris, Denny198009172005011001
Call Number: SK-2016 MAT 067
Keywords: Pembelajaran Matematika; Teori Belajar;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8319

Actions (login required)

View Item View Item