PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI DAN JIGSAW PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMPN 12 PEMATANG SIANTAR T.A. 2015/2016

Sirait, Wiliater F (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GI DAN JIGSAW PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMPN 12 PEMATANG SIANTAR T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123111008 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123111008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123111008DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123111008 BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4123111008 BAB I.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4123111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe GI dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw kelas VIII SMP Negeri 12 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Pematangsiantar yang terdiri dari 8 kelas paralel. Sampel kedua kelompok dipilih siswa dari 2 kelas secara acak dari 8 kelas paralel yang kemudian menjadi kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II. Untuk alat pengumpul data disediakan 20 soal, setelah di validasi terdapat 6 soal yang tidak valid, dan 14 soal yang valid. Dari 14 soal yang valid, tedapat 13 soal yang memiliki taraf kesukran sedang dan 1 soal dengan taraf kesukaran mudah. Dari 13 soal valid dan taraf kesukran sedang tersebut terdapat 8 soal dengan daya beda soal baik dan 5 soal dengan daya beda soal sangat baik. Dari ke 13 soal tersebut peneliti memilih 10 soal sebagai alat pengumpul data. Sebelum melakukan pembelajaran terlebih dahulu diadakan Pre-tes. Dari hasil pemberian Pre-tes diperoleh bahwa kedua kelas berasal dari populasi yang normal dan homogen dengan rata-rata kelompok eksperimen I 45,75 standar deviasi 13,57 dan rata-rata kelompok eksperimen II 45,53 standar deviasi 14,27. Setelah dilakukan uji-t, diperoleh thitung (0,070) < ttabel (1,667) maka Ho diterima yang artinya kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Setelah diadakan perlakuan berupa pembelajaran diperoleh rata-rata kelompok eksperimen I adalah 76,50 dan rata-rata kelompok eksperimen II adalah 68,68. Standar Deviasi kelompok eksperimen I adalah 13,50 dan Standar Deviasi kelompok eksperimen II adalah 13,98. Setelah dilakukan uji-t didapat bahwa thitung (2,51) > ttabel (1,667) maka H0 di tolak. Didapat kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe GI lebih tinggi dari yang diajarkan menggunakan model koperatif tipe Jigsaw kelas VIII SMP Negeri 12 Pematangsiantar 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: SK-2016 MAT 082
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8300

Actions (login required)

View Item View Item