UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARDRIBBLING PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 3 KISARAN TAHUN AJARAN 2015/2016.

Dermawan, Indra (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARDRIBBLING PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH 3 KISARAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6113112092 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6113112092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6113112092 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6113112092 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6113112092 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6113112092 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6113112092 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6113112092 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6113112092 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6113112092 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6113112092 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling sepak bola melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah 3 Kisaran Tahun Ajaran 2015/2016.Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas VIII yang terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar portofolio dan lembar observasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dasar dribbling. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 17 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 56,7% dengan nilai rata-rata 67,9dan siswa yang tidak tuntas berjumlah sebanyak 13 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 43,3%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,66% dengan nilai rata-rata 76,46% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 4 siswa 13,34% . Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar dribblingsepak bola pada siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah 3 Kisaran Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Doris Apriani197104152005022004
Call Number: SK-2016 PJS 009
Keywords: Permainan sepak bola; Dribbling dengan kaki bagian dalam; Pendekatan bermain
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 01 Aug 2016 04:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8236

Actions (login required)

View Item View Item