PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Sari, Prastuti (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 081188710012 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 081188710012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 081188710012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 081188710012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 081188710012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 081188710012 TABLES.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 081188710012 ILLUSTRATUION.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 081188710012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 081188710012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 081188710012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 081188710012 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematika antara siswa yang diberi pembelajaran Berbasis Masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran konvensional, (2) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang diberi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan siswa yang diberi Pembelajaran Konvensional (PMK), (3) interaksi antara kemampuan matematika siswa dan faktor pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa, (4) interaksi antara kemampuan matematika siswa dan faktor pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Medan. Pemilihan sampel dilakukan secara random dengan mengacak kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan penalaran matematika (2) tes kemampuan komunikasi matematika. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Sedangkan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Aktivitas Siswa (LAS). Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi validitas isi serta koefisien reliabilitas tes sebesar 0,85. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan pola jawaban siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran dan komunikasi matematika siswa. Analisis inferensial data dilakukan dengan ANOVA Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematika antara siswa yang menggunakan PBM dan PMK. Peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa yang menggunakan PBM lebih baik yaitu dengan rata-rata sebesar 0,619 dibandingkan dengan siswa yang menggunakan PMK dengan rata-rata sebesar 0,569 (2) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematika, (3) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa antara siswa yang menggunakan PBM dan PMK. Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa antara yang menggunakan PBM lebih baik dengan rata-rata sebesar 0,653 dibandingkan dengan PMK dengan rata-rata sebesar 0,595, (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan dan kemampuan matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196311101988031001
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Call Number: 510.071 2 Sar p
Keywords: Penalaran matematika; Model pembelajaran; Teori belajar; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Aug 2016 03:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8221

Actions (login required)

View Item View Item